September 14, 2011

Kritik itu Membangun Bukan Menjatuhkan

Posted by Anita di 12:56 PM
Pernah mengritik? Atau malah pernah dikritik?
Sebenarnya apa sih kritik itu? Menurut buku catatan Bahasa Indonesiaku, kritik adalah kecaman atau tanggapan disertai uraian dan pertimbangan baik buruk terhadap suatu hasil karya, pendapat dsb. Dan orang yang memberikan pertimbangan tentang baik buruknya sesuatu disebut kritikus.

Syarat Kritik :
a.      Bahasanya lugas (apa adanya), objektif, dan santun
b.      Disertai alasan yang logis, jangan asal mengritik
c.       Membuang perasaan suka/tidak suka
d.      Jujur

Jenis Kritik :
a.      Konstruktif
Kritik konstruktif adalah kritik yang bersifat membangun, memperbaiki.
b.      Destruktif
Kritik jenis ini bersifat menjatuhkan, menghancurkan.

Sebelum mengritik seharusnya mempertimbangkan baik buruk sesuatu yang akan dikritik. Menggunakan bahasa yang santun itu HARUS. Alasan itu wajib ada, bagaimana jika mengkritik orang tanpa mempunyai alasan? Akan tidak etis rasanya. Dan diusahakan jika akan mengritik seseorang sebaiknya tidak di tempat umum, karena orang yang kita kritik akan marah jika pendapat jelek tentang dirinya didengar banyak orang. Saranku jangan mengritik orang berkali-kali dengan hal yang sama, karena itu akan membuat orang yang dikritik bosan dan tidak mau memperbaiki kekurangannya. Terkadang ada orang yang berprinsip “Aku selalu benar” jika prinsip itu diterapkan, biasanya orang itu tidak suka dikritik. Malah kritik yang diberikan hanya akan masuk telinga kiri lalu keluar telinga kanan atau bahkan sebaliknya.
Tapi tidak semua kritik bersifat menjatuhkan, ada juga yang bersifat membangun, karena tujuan kritik sendiri adalah memotivasi/membuat orang yang dikritik menjadi lebih baik lagi. Tapi itu sekali lagi bergantung pada individu masing-masing. Bagaimana cara mereka menyikapi kritikan akan menentukan dampak yang akan terjadi. Orang yang sadar akan pentingnya kritikan akan dengan sendirinya sadar dan perlahan mencoba mengubah/memperbaiki apa yang kurang. Perubahan itu datang dari diri sendiri dan orang lain hanya mengarahkan, karena yang dapat menilai kita dalah orang lain dan bukan diri sendiri.

Jadi untuk kalian yang tidak suka dikritik coba ubah kebiasaan itu. Kritik bisa menjadikan kita lebih baik dari pada sebelumnya jika ada kesadaran dari diri kita sendiri dan bukan orang lain ^^

0 comment:

Post a Comment

 

Tedi Deer | Gift Idea