June 14, 2011

PENYAKIT LUPUS

Posted by Anita di 8:45 AM
Ini adalah bahan pidatoku yang aku gunakan untuk berpidato di saat dikat PMR untuk menentukan jabatan apa yang akan aku pegang. Dalam acakan aku mendapat tema LUPUS, lalu aku buru-buru tanya Om google apa itu lupus serta tetekmbengeknya (hahha). Jadi pidato ini nggak asal copas, tapi ini adalah referensi dari berbagai sumber. Karena waktunya hanya 2 hari jadi ini termasuk sangat mendadak. Untuk salam pembuka dan salam penutup aku buat asal di tempat, sekali-kali mengulang lomba pidato waktu SD. Dan Alhamdulillah jabatan Ketua 2 PMR dapat diraih . Dan ini adalah pidatonya pidatonya ::


Penyakit LUPUS adalah penyakit yang mematikan setara dengan kanker. Di dunia terdeteksi penyandang penyakit Lupus mencapai 5 juta orang, lebih dari 100 ribu kasus baru terjadi setiap tahunnya. Arti kata lupus dalam bahasa Latin berarti “anjing hutan”, namun ada juga yang mengartikannya “anjing laut”.
Penyakit ini tidak hanya menyerang kulit, tetapi juga dapat menyerang hampir seluruh organ yang ada di dalam tubuh. Penyakit lupus bukanlah penyakit menular. Penyakit lupus merupakan penyakit yang menyerang daya tahan tubuh oleh sel antibodi yang berlebihan dan antibodi yang berlebihan menyerang sel-sel jaringan organ tubuh yang sehat. Kelainan ini disebut autoimunitas.
Lupus lebih banyak menyerang wanita (16-45 tahun), walaupun anak-anak, wanita segala usia, dan laki-laki juga mempunyai kemungkinan terserang penyakit, namun kemungkinannya sangat kecil. Orang yang terkena lupus biasanya dikenal sebagai Odapus = Orang Hidup dengan Lupus.
Penyebabnya masih belum diketahui secara pasti, ada yang mengatakan merupakan keturunan (bawaan), imunologi (daya tahan tubuh), infeksi virus, lingkungan, paparan sinar matahari, stress atau hormonal, komsumsi obat berlebih.
Gejala-gejala lupus antara lain :


§  Demam
§  Kelelahan
§  Nyeri sendi, kekakuan dan pembengkakan
§  Ruam berbentuk kupu-kupu (ruam malar) pada wajah
§  Lesi kulit yang muncul atau memburuk dengan paparan sinar matahari
§  Mulut luka
§  Rambut rontok (alopecia)

  •  Jari tangan dan jari kaki yang putih atau biru bila terkena dingin atau selama periode stres (fenomena Raynaud's)
            dan masih banyak lagi


Dan masih banyak lagi, Tanda-tanda dan gejala lupus yang dialami akan bergantung pada sistem tubuh dipengaruhi oleh penyakit tersebut. Gejalanya sangat bermacam-macam, tergantung jenisnya. Terkadang gejalanya tidak jelas, berbeda pada tiap orang dan sulit untuk mendiagnosanya.
Belum ada pengobatan yang dapat menyembuhkan lupus.Pengobatan yang diberikan berguna untuk menangani gejala-gejalanya.Tapi sekarang ini kabarnya sudah ada obat yang mampu mengontrol aktivitas penyakit lupus yaitu Lymphostat-B yang bertugas menghambat protein yang menstimulasi limfosit – B sel yang berkembang menjadi sel plasma yang memproduksi antibodi.

0 comment:

Post a Comment

 

Tedi Deer | Gift Idea